Pastoral Spiritualitas


TEGUH DI TENGAH PANDEMI

Tulisan ini berasal dari pengalaman pastoral seorang Karmelit muda. P. Fandi Wutun, O.Carm telah mencoba merefleksikan kembali tugas pastoralnya selama menjadi Diakon di Paroki St. F. X Habibola di Keuskupan Maumere. Pengalaman pertama sebagai Diakon melayani umat di masa Covid-19 ini. Sebuah pengalaman yang menarik karena disertai dengan refleksi dan keyakinan imannya. Ia bahagia melayani di tengah krisis ini.

Pelajari Selengkapnya

Santa Teresa Teladan Doa Bagi Gereja

Artikel yang bercirikan spiritualitas ini ditulis oleh seorang Frater Karmel di Flores. Tema tulisan ini adalah tentang gambaran singkat hidup doa dalam kaitannya dengan relasi pribadi Santa Teresa dari Avila. Hubungan pribadi yang ditulis dan diungkapkan Teresa dalam tulisan-tulisan rohaninya, telah menghantar Teresa menjadi seorang Doktor Gereja. Tentu tulisan ini mengajak kita semua untuk terus mendalami kehidupan spiritual Santa Teresa lebih dalam lagi. Kehidupannya telah menjadi teladan bagi Gereja. Jika Anda merindukan kesempunaan relasi dengan Allah, maka baiklah Anda memulai dengan langkah kecil membaca tulisan-tulisan terkait Santa Teresa dari Avila.

Pelajari Selengkapnya

Keterbukaan Hati Bagi Yang Lain

Tulisan ini ditulis oleh seorang (Survivor Cancer) di Bandung, Maria Regina. Regina adalah juga anggota Kelompok Doa Wanita di Bandung. Bagaimana Kedowa berjuang di tengah krisis Covid-19 untuk terus berdoa bersama dan menerima penyegaran rohani secara online, tentu membutuhkan kerja sama dan keberanian kordinatornya Maria Hiang Liu bersama anggota-anggota lainnya. Mereka ternyata adalah orang-orang biasa yang militan dalam berdoa dan memiliki semangat belajar untuk kedalaman hidup ini dari spiritualitas iman Katolik.

Pelajari Selengkapnya

SARA

Puisi ini ditulis pada tahun 2011 di Malang. SARA adalah cerita tentang Suku, Agama dan Ras di Indonesia. Keberagaman di Indonesia saat ini sunnguh menjadi tantangan yang tidak mudah. Keberagaman berhadapan langsung dengan idiologi dan kepentingan sepihak orang-orang tertentu yang cenderung mengatasnamakan agama yang benar. Riuh kata-kata cercaan dan hinaan bertopeng agama bertaburan di dinding media. Di manakah keindahan dari keberagaman kalau yang satu maunya cuma satu dan bukan lagi plural? Tidak... Indonesia mesti tetap plural dan beragaman.

Pelajari Selengkapnya

Credo kecil dari Sr. Edith Stein: "Saya percaya, maka saya akan mengerti"

Percikan ini merupakan suatu usaha untuk menghubungkan dan mengaktualisasikan kembali kata-kata sang wanita cerdas dan bijak Edith Stein dengan pesan Kitab Suci, khususnya bacaan-bacaan pada Minggu Biasa XXXIII, tahun A, Minggu 15 November 2020. Edith Stein memiliki Credonya sendiri yang merupakan alur keyakinan dan imannya akan Allah.

Pelajari Selengkapnya

Belajar hidup bersaudara dari Sang Sabda

Refleksi kecil ini terinspirasi dari cinta kasih Allah yang telah menjadi nyata melalui Inkarnasi diri Sang Sabda. Misteri ini terjadi berkat jawaban "ya" dari Maria yang mengandung Sang Sabda itu sendiri. Penulis juga melihat perkembangan lebih lanjut dari solidaritas persaudaraan ini secara nyata terjadi dalam peristiwa di Kana. Mukjizat air menjadi anggur selain terjadi atas kuasa Allah, juga merupakan ungkapan solidaritas Yesus sebagai Sang Sabda dengan tuan pesta dan para undangan.

Pelajari Selengkapnya

Katakan Sejujurnya

Puisi kecil ini ditulis pada 20 Juni 2020.

Pelajari Selengkapnya

Mawar untuk sang ibu

Pada peringatan Santa Theresia dari Lisieux, 1 Oktober 2020

Pelajari Selengkapnya

Energie Vigilance

Melalui Energi Vigilance, Anda bisa belajar mengenal hati Anda. Pernahkah orang bertanya sendiri, bagaimana suasana hatiku hari ini? Hati adalah raja bagi anggota tubuh. Mau sehat? Jagalah hati agar selalu ikhlas, syukur dan bahagia. Jangan menghakimi tanpa mengenal kerinduan hatimu sendiri yang tidak ingin dihakimi. HATIKU DAN HATIMU perlu waktu dan tempat untuk JUJUR. Jujur agar mudah dimengerti dan dikasihi bukan untuk menghakimi tanpa hati. Bersama Energie Vigilance, Anda bisa belajar bermeditasi dan mengolah hati.

Pelajari Selengkapnya