Keterbukaan Hati Bagi Yang Lain


Keterbukaan Hati Bagi Yang Lain

KEDOWA atau Kelompok Doa Wanita adalah salah satu kelompok kategorial di lingkungan gereja St Martinus Bandung – Jawa Barat – Indonesia. KEDOWA merupakan salah satu kelompok doa yang terbentuk secara unik, awalnya dari ketidaksengajaan beberapa ibu yang berkumpul saat mengantar anak di sekolah TALENTA – Bandung, dimana setelah mengantar anak sekolah, beberapa ibu pendiri berkumpul sambil menunggu anak pulang sekolah. Dari beberapa kali berkumpul inilah tercetus ide untuk berkumpul sambil berdoa Rosario bersama daripada hanya sekedar ngobrol dan berbincang kesana kemari tanpa topik yang terarah, mulailah beberapa ibu pencetus melakukan doa Rosario rutin bersama di salah satu rumah secara bergiliran. Dalam perkembangan jumlah anggota yang ikut doa Rosario mulai berkembang dan bertambah jumlahnya.

Tanggal 19 November 2020 adalah tanggal yang sangat berarti bagi seluruh anggota KEDOWA (Kelompok Doa Wanita), bagaimana tidak, pertama kali di usia yang menanjak 4 tahun seluruh anggota kelompok merayakan ulang tahun kebersamaan secara virtual. Mengapa semua harus dilakukan secara virtual ? Bukankah kebersamaan secara langsung akan lebih menyenangkan ?

Ditengah pandemic akibat Virus Corona 19, seluruh kegiatan nyaris terhenti dan harus dilakukan di rumah masing-masing. Dengan demikian kegiatan berkomunitas pun nyaris terhenti karena tidak diperkenankan untuk berkumpul bersama melakukan kegiatan rohani lainnya. Namun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan seluruh pengurus dan anggota KEDOWA untuk tetap melakukan kegiatan berkomunitas dengan berdoa dan membangun iman ketaatan kepada Allah Bapa melalui devosi kepada Bunda Maria.

Sesuai dengan visi misi "Per Mariam ad Jesum" yang artinya melalui Bunda Maria kita didekatkan pada Yesus Kristus, dan dengan bantuan peralatan elektronik yang dimiliki masing-masing, anggota kegiatan komunitas tetap berlangsung dengan melakukan pertemuan menggunakan aplikasi zoom meeting setiap hari kamis pukul 20.00 WIB untuk melakukan doa Rosario bersama.

Dalam perjalanan waktu kerinduan akan penambahan pengetahuan dan wawasan iman dari seluruh anggota KEDOWA semakin memuncak sehingga para pengurus mencetuskan untuk dilakukan kegiatan pertemuan dengan diseling antara doa Rosario bersama setiap minggu pertama dan ketiga dan pembelajaran yang diberikan para Romo pada minggu kedua dan keempat. Puji Tuhan di sela-sela kesibukan para Romo, tetap berkenan memberikan pembelajaran kepada para anggota KEDOWA secara online melalui aplikasi zoom. Dengan diberikannya pembelajaran secara online, proses pembelajaran yang diberikan oleh para romo tidak hanya diberikan kepada internal anggota KEDOWA, namun terbuka juga untuk umum hanya tetap terbatas pada para wanita saja.

Dalam setiap pertemuan internal maupun pembelajaran yang diberikan para Romo, terlihat minat anggota KEDOWA sangat baik, dari sinilah kemudian disepakati pelaksanaan perayaan Ulang Tahun ke 4 KEDOWA akan tetap dilaksanakan namun tidak melalui tatap muka tetapi secara online menggunakan aplikasi zoom. Dengan demikian, acara peringatan ulang tahun kali ini agak berbeda dari tahun tahun sebelumnya dimana tahun sebelumnya perayaan ulang tahun dengan misa syukur dan ramah tamah, maka untuk tahun ini perayaan ulang tahun ke 4 dilakukan dengan penyegaran rohani.

Meskipun dalam nuansa yang berbeda, acara berlangsung sangat meriah seluruh anggota dan pengurus bahu membahu bertugas demi terselenggaranya acara perayaan ulang tahun ke 4 KEDOWA, mulai dari rancangan pembuatan flyer acara yang didesain berbentuk komik, anggota yang semula bertugas paduan suara berubah menjadi paduan suara secara virtual dengan masing masing merekam video saat menyanyi, bagian multimedia yang menyatukan semua video virtual menjadi satu video besar, dan petugas share video saat acara, sampai petugas yang membuat kue ulang tahun dan penyusun dan pembawa acara.

Karena peserta yang hadir dalam acara perayaan ulang tahun ke 4 KEDOWA yang dilakukan secara virtual tidak saja dari lingkungan internal KEDOWA, maka acara dimulai dengan memperkenalkan KEDOWA dan kegiatannya yang berupa doa rutin bersama, adorasi, bakti sosial, kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan dari Koordinator KEDOWA dan doa pembukaan dan lagu pujian GIVE THANKS yang dibawakan oleh paduan suara KEDOWA secara virtual.

Acara utama dalam perayaan ulang tahun ke 4 KEDOWA kali ini adalah penyegaran rohani dan materi dibawakan oleh Rm P. Inocentius I.Sigaze O’Carm dari biara Karmel Mainz- German dengan judul KETERBUKAAN HATI UNTUK YANG LAIN (belajar mengenal Ensiklik Fratelli tutti dari Paus Fransiskus). Dari pemaparan yang diberikan oleh Rm. Ino dapat ditarik kesimpulan bahwa membuka hati untuk yang lain berarti kita belajar menerima sesama sebagai saudara sehingga setiap pertemuan atau perjumpaan dengan orang lain akan memberikan makna dalam perjalanan hidup kita. Selayaknya kita melihat perbedaan sebagai cara untuk kita bertumbuh dan memperkaya kita secara holistic, bahwa kita tidak dapat hidup seorang diri karena kita saling membutuhkan satu dengan yang lainnya, untuk itulah diperlukan saling bertukar pengalaman, berdialog antar sesama meskipun mengalami perbedaan budaya, agama dan latar belakang. Dalam berhubungan dengan sesama sudah sepantasnya kita saling menerima dan memberi tanpa mengharapkan sesuatu imbalan atau balas jasa melalui 4 point pendekatan utama yaitu menerima,melindungi, membantu dan mengintegrasikan. Pemaparan materi diakhiri dengan pengendapan melalui meditasi singkat diiringi lagu Lingkupiku dipandu oleh Rm Ino. Dari pemaparan materi yang sangat menarik peserta yang hadir dalam perayaan ulang tahun ke 4 KEDOWA, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan saat berlangsung acara Tanya jawab, dan acara penjawab pertanyaan yang diberikan oleh Rm Ino maupun dari panitia.

Acara terasa makin meriah dengan dilanjutkan munculnya video ucapan selamat ulang tahun dari Koordinator KEDOWA dilanjutkan dengan Video ucapan ulang tahun dari para Romo antara lain : video dari Rm Yulius Sudharnoto O’Carm, video dari Rm. Rofinus SMM, video gabungan dari 10 orang Romo dan video dari Rm. Elpi bersama para Frater OAD dan dilanjutkan dengan acara tiup lilin ulang tahun secara bersama-sama secara virtual. Acara perayaan ulang tahun ke 4 KEDOWA ditutup dengan doa penutup dan berkat dari Rm Ino. Semoga kita semua belajar menghayati semangat persaudaraan dan saling mendoakan.

Oleh: M. Regina A.