Makna Suatu Pertentangan


1 min dibaca
20 Mar
20Mar

Suara Keheningan | Yancen Wullo

Sebelum seseorang itu didengarkan, atau melakukan sesuatu, selalu muncul prasangka dan penilaian terhadapnya. Bisa benar, tetapi kemungkinan besar bisa salah. 

Kalau dilihat dengan serius, maka orang akan menemukan bahwa selalu ada dan muncul pertentangan dalam hidup. Pada sisi yang lain, pertentangan itu adalah sesuatu yang positif supaya kebenaran sejati bisa diuji. Dari pertentangan orang berargumentasi, akhirnya dibawa kepada pembuktian yang pasti dan tepat. 

Yesus mendapat banyak pertentangan. Ada yang percaya, namun banyak orang farisi tidak meyakini bahwa Dia adalah Mesias. Kebenarannya teruji ketika Ia mengajar, ketika mereka mendengar dan menyaksikan banyak perbuatan baik. Belum pernah kita menemukan orang berbicara seperti ini. Ungkapan seorang yang percaya.

Sebelum didengar, dan dilihat perbuatan, jangan kita cepat menilai seseorang. Kenalilah seseorang dengan apa yang dikatakan dan apa yang dilakukannya. 

Bahaya jika prasangka kita terhadap seseorang didasari rasa tidak suka, rasa tersaingi. Apalagi hanya berdasarkan penilaian orang lain. Kita bisa salah menghukum orang yang belum kita kenal. Pertobatan adalah mengenal secara dekat, berkata secara benar, dan menilai sesuai kenyataan dari hati yang sunyi dari ambisi apapun. 

Tuhan memberkati Salve

Komentar
* Email tidak akan dipublikasikan di situs web.