PENCIPTA DAN PEMELIHARA


1 min dibaca
02 Oct
02Oct

Suara Keheningan | RP. Albertus Herwanta, O.Carm

Agama Hindu mengenal semacam trinitas Hindu yang disebut Trimurti. Brahma, Wisnu dan Siwa. Mereka itu mengalir dari Roh tertinggi (the Supreme Spirit).

Brahma mencipta (creator). Wisnu memelihara (preserver). Siwa itu menghancurkan, sekaligus mengubah atau menumbuhkan (destroyer dan transformer). Penjelasan seperti itu menarik.

Agama Samawi, terutama Kristen mengenal juga Trinitas. Allah itu satu; mewujud dalam tiga pribadi. Tidak seorang pun secara tuntas dapat menjelaskan misteri ini. Siapa dapat menjelaskan Allah secara tuntas?

Allah dipercaya sebagai pencipta yang menghendaki agar semua tetap ada dalam keadaan baik (Barukh 5: 29). Dia juga menjaga setiap pribadi manusia.

Yang antara lain dipercaya melaksanakan tugas menjaga manusia itu disebut malaikat, yakni malaikat pelindung. Tugasnya adalah menjaga dan menyelamatkan manusia dari pelbagai bahaya.

Mereka mendampingi dan membimbing suara hati agar manusia memutuskan segala yang benar dan baik. Ada manusia yang suka mendengarkannya; ada pula yang lebih sering mengabaikannya.

Malaikat pelindung kadang juga memakai orang-orang tertentu untuk menyelamatkan manusia. Dalam suatu krisis atau masalah besar tiba-tiba ada seorang yang tak dikenal datang membantu. Yang ditolong menyebut mereka sebagai malaikat penolong.

Apa dan bagaimana malaikat pelindung itu? Mungkin sulit dijawab secara tuntas. Namun kepercayaan akan malaikat pelindung itu menegaskan bahwa Allah itu pencipta dan pemelihara. Malaikat pelindung itu yang mengeksekusi kehendak-Nya. Manusia tidak pernah sendirian.

Sabtu, 2 Oktober 2021|Peringatan Malaikat Pelindung | RP Albertus Herwanta, O. Carm.


11May
14May
Komentar
* Email tidak akan dipublikasikan di situs web.