JEJAK TUHAN


1 min dibaca
16 Jul
16Jul

Suara Keheningan | RP. Albertus Herwanta, O.Carm

Dapatkah orang menemukan jejak Tuhan? Apakah Dia menginjakkan kaki sehingga bekas-bekas-Nya bisa dikenali? Bukankah Dia seutuhnya rohani? Orang yang mencoba mencarinya seperti memburu jejak kaki burung yang terbang di udara ("Nggolèki tapaké kuntul ngalayang," kata orang Jawa).

Sesungguhnya, tatkala Tuhan lewat kerap meninggalkan jejak-Nya. Warisan iman dari para leluhur tak ubahnya jejak itu. Karenanya, orang yang mengikuti jejak iman, niscaya akan sampai ke tujuan, yakni Tuhan. Dia menuntun manusia lewat jalan iman.

Kisah pembebasan umat Israel dari Mesir, hanyalah satu contohnya. Waktu itu Tuhan memerintahkan mereka untuk menyembelih anak domba dan mengoleskan sedikit darahnya pada ambang pintu rumah mereka. Mereka yang taat kepada-Nya diselamatkan.

Tuhan Allah bersabda, "Sebab pada malam ini Aku akan menjelajahi negeri Mesir, membunuh semua anak sulung, baik anak sulung manusia maupun anak sulung hewan, dan semua dewata Mesir akan Kujatuhi hukuman. Akulah, Tuhan. Adapun darah domba tersebut menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah tempat kalian tinggal. Apabila Aku melihat darah itu, Aku akan melewati kalian. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah kalian pada saat Aku menghukum negeri Mesir" (Kel 12: 12-13).

Tuhan Allah yang penuh misteri berkarya dalam cara yang tidak seluruhnya dipahami. Dia tampak dalam yang negatif sekaligus yang positif. Bencana-Nya sekaligus membawa berkat. Orang diajak untuk melacak jejak-Nya yang penuh berkat.

Bencana wabah sedang menyerang dunia. Di dalamnya ada laknat dan rahmat. Tuhan tentu ada di dalamnya. Orang yang bebal gagal mengenal. Mereka keras kepala dan sulit diyakinkan. Sedang yang bijak dan beriman akan terbebas dan keluar dari sana dengan kemenangan. Mengapa? Karena mereka membuka mata dan hati sehingga menemukan jejak Tuhan yang menyelamatkan.

Jumat, 16 Juli 2021 | HR Santa Perawan Maria Bunda Karmel | RP Albertus Herwanta, O. Carm.

11May
Komentar
* Email tidak akan dipublikasikan di situs web.