IBADAT BERSAMA MKIF | MINGGU ADVENT II


Maaf, pendaftaran telah berakhir.

Kami mengundang warga Masyarakat Katolik di Frankfurt dan sekitarnya (MKIF) untuk mengikuti Doa Bersama Online yang akan dilaksanakan pada Minggu, 6 Desember 2020 pukul 17.00. Kami berharap bahwa pada Minggu Advent kedua ini, kita semakin mendalam lagi menyiapkan hati kita untuk menyambut Sang Imanuel.


  • Tanggal: 06.12.2020 05:00 - 06.12.2020 05:50
  • Lokasi: Acara Online

Deskripsi

Doa Bersama MKIF, Minggu Advent 2, 6.12.2020.pdf

RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA : Rekaman dari Pa Poltak dan Mbak Triem

TANDA SALIB DAN SALAM

I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus

U. Amin

I. Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu

U. Dan bersama rohmu

PENGANTAR

SERUAN TOBAT  

I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.

I. Tuhan Yesus Kristus, menjelang kedatangan-Mu, Nabi Yeremia berseru, „Di padang gurun, ratakanlah jalan Tuhan. Luruskanlah lorong-lorong-Nya.“

K. Kyrie, eléison.

U. Kyrie, eléison.

I. Mempersiapkan kedatangan-Mu, Yohanes Pembaptis mewartakan pertobatan hati sebagai persiapan.

K. Christe, eléison.

U. Christe, eléison.

I. Menjelang kedatangan-Mu, Yohanes Pembaptis memberi teladan hidup penuh matiraga dalam hal pakaian dan makanan.

K. Kyrie, eléison.

U. Kyrie, eléison.

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U. Amin.

TANPA KEMULIAAN

DOA PEMBUKA

I. Marilah kita berdoa: (hening sejenak)

I Allah yang Mahakuasa dan Maharahim, janganlah Engkau biarkan kesibukan duniawi menghalangi langkah kami menyongsong Putra-Mu. Semoga berkat bimbingan-Mu yang bijaksana, kami dipersatukan dengan Yesus Kristus, Putra-Mu, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Yes 40:1-5.9-11)

„Siapkanlah jalan bagi Tuhan.“

L. Bacaan dari Kitab Yesaya:

Beginilah firman Tuhan, "Hiburkanlah, hiburkanlah, umat-Ku! Tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa penghambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan Tuhan dua kali lipat karena segala dosanya. Ada suara yang berseru-seru, "Siapkanlah di padang gurun jalan bagi Tuhan, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita! Setiap lembah harus ditimbuni, setiap gunung dan bukit diratakan. Tanah yang berbukit-bukit harus menjadi rata, dan yang berkelok-kelok menjadi datar. Maka kemuliaan Tuhan akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama. Sungguh Tuhan sendiri telah mengatakannya." Hai Sion, pembawa kabar baik, naiklah ke atas gunung yang tinggi! Hai Yerusalem, pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota Yehuda, "Lihat, itu Allahmu!" Lihat, itu Tuhan Allah, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya. Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya. Anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.

Hening sejenak untuk mendengarkan Georg Friedrich Händel „Comfort ye“ Messias: Klik di sini: https://youtu.be/8dDjva1ecYo

BACAAN II (2Ptr 3:8-14)

„Kita menantikan langit dan bumi yang baru.“

L. Bacaan dari Surat Kedua Rasul Petrus:

Saudara-saudara terkasih, hal yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun, dan seribu tahun sama seperti satu hari. Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya demikian. Tetapi Tuhan sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat, dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api; bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup. Kamu menantikan dan berusaha mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa oleh api dan unsur-unsur dunia akan lebur oleh nyalanya. Tetapi sesuai dengan janji Allah, kita menantikan langit dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran. Sebab itu, saudara-saudaraku terkasih, seraya menantikan semuanya itu haruslah kamu berusaha supaya kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan Allah, dan dalam perdamaian dengan Dia.

Demikianlah sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 962; Luk 3:4.6)

ALLELUYA

Ayat.

„Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya,dan semua orang akan melihat keselamatan yang datang dari Tuhan.“

BACAAN INJIL (Mrk 1:1-8)

„Luruskanlah jalan bagi Tuhan.“

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I. Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah. Seperti tertulis dalam kitab Nabi Yesaya: 'Lihatlah Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu; ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Siapkanlah jalan bagi Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya,' demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan, "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis, dan Allah akan mengampuni dosamu." Lalu datanglah kepada Yohanes orang-orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem, dan sambil mengakui dosanya mereka dibaptis di Sungai Yordan. Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, makanannya belalang dan madu hutan. Inilah yang diberitakannya, "Sesudah aku, akan datang Ia yang lebih berkuasa daripadaku. Membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.

I. Demikianlah Injil Tuhan

U. Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

I+U. Aku percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa,
pencipta langit dan bumi.
Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita.
Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh perawan Maria.

Yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Pontius Pilatus,
disalibkan, wafat dan dimakamkan.
Yang turun ketempat penantian,
pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati.
Yang naik ke surga,
duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa.
Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati.
Aku percaya akan Roh Kudus,
Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus,
pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin. 

DOA UMAT

I. Saudara-saudari marilah kita sehati dan sejiwa berdoa kepada Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus:

L. Bagi Gereja kita: Semoga Bapa sumber cahaya menerangi Gereja agar mampu membenahi diri dengan keadilan yang mendasari cinta kasih Kristiani. Marilah kita mohon, ….

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi para tawanan dan pengungsi Semoga Allah Bapa mendampingi mereka yang menjadi korban perang atau pertentangan segera dapat menikmati kembali ketenangan dan kedamaian. Marilah kita mohon,...

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi mereka yang berhak menghakimi di dunia ini: Semoga Allah Bapa mendampingi mereka yang berhak mengadili agar janganlah mereka mengadili berdasarkan apa yang tampak atau desas-desus saja melainkan secara adil dan benar. Marilah kita mohon, ….

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi mereka yang menderita dan tertindas: Semoga Allah Bapa memberkati dan melindungi mereka yang tak mendapat dukungan organisasi ataupun masyarakat luas, agar dapat hidup wajar dan tahu bahwa mereka masih diperhitungkan. Marilah kita mohon,....

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi kita yang berkumpul di sekitar altar ini: Semoga Allah Bapa yang Mahapengasih memberkati kita agar dengan rajin dan tekun, bijaksana dan berani, ikut serta membangun Kerajaan Allah di dunia. Marilah kita mohon,......

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

Untuk seluruh warga MKIF dan para Student, Orang sakit

I. Allah Bapa kami, sumber daya tahan dan penghiburan, anugerahilah kami kerukunan sejati dan semangat Yesus Kristus, Tuhan, Pengantara kami. U. Amin.

BAPA KAMI 

I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa

I+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala yang jahat dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan sehingga kami dapat hidup dengan tenteram, sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.

U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI

I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau bersabda kepada para rasul, "Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu." Jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.

U. Amin.

I. Damai Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu.

PERSIAPAN KOMUNI

Ajakan menyambut Komuni

I. Inilah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya.

U. Ya Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

SAAT HENING

Ya Tuhan,

berilah kepastikan kepada kami bahwa Adven kali ini akan menjadi saat yang istimewa. Biarkan kami mengalami penantian ini dengan penghiburan dari Roh Kudus-Mu, sehingga hari-hari kami menjadi lebih terang melalui setiap lilin yang kami nyalakan di rumah atau kamar kam, atau juga dalam setiap pemikiran yang baik. Semoga kami sendiri menjadi pembawa terang dan bertindak dengan cara yang dipengaruhi cara Kristus.

Semoga kami mengenali Yesus dalam diri setiap orang yang kami tunggu-tunggu, maka itu sadarkanlah kami itu adalah benar-benar Natal.

Semoga kami berhenti menunggu yang baik dan malah menjadi yang baik, maka itu benar-benar adalah Natal bagi kami.

Hanya ketika cinta menguasai kebencian, persahabatan dan bukan permusuhan, kedekatan batin dan bukan jarak fisik, kedamaian dan bukannya perang dan pertengkaran, maka itu benar-benar adalah Natal - tidak peduli kesulitan apa yang kami hadapi saat ini.

Mampukan kami saling menghibur dan menguatkan dengan kata-kata hiburan yang positip dan jujur dari hati kami. (hening)

DOA SESUDAH KOMUNI

I. Marilah kita berdoa:

I. Ya Tuhan, kami telah Engkau kenyangkan dengan makanan rohani. Semoga dengan mengambil bagian dalam misteri kudus ini kami dibantu agar dengan bijaksana menimbang hal-hal duniawi dan dengan tekun mengusahakan hal-hal surgawi. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U. Amin.

RITUS PENUTUP

BERKAT MERIAH

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu.

I. Tundukkanlah kepalamu untuk menerima berkat Tuhan.

I. Semoga Allah meneguhkan iman Saudara dalam mempersiapkan diri menyambut kedatangan Putra-Nya.

U. Amin.

I. Semoga Allah memenuhi hati Saudara dengan harapan yang kokoh dan kegembiraan sejati.

U. Amin.

I. Semoga Allah mendorong Saudara supaya selalu mengamalkan cinta bakti yang suci.

U. Amin.

I. Semoga Saudara sekalian dilindungi, dibimbing dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa: (+) Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

U. Amin.

PENGUTUSAN

I. Saudara sekalian, Perayaan Ekaristi sudah selesai.

U. Syukur kepada Allah.

I. Marilah pergi! Kita diutus.

U. Amin.

Lagu Penutup: "Rindu Rumah-Mu" Lagu dari RD. Wilibaldus Gebo, O.Carm. Klik di sini:  https://youtu.be/mPknFXtmDPA