Doa Bersama MKIF


Doa Bersama MKIF akan dilakukan setiap Minggu. Karena itu, Kami mengundang semua warga MKIF untuk menghadiri Ibadat Bersama secara Online pada Hari Minggu, 25 Oktober 2020, Pukul. 17.00. Teks doa dan lagu didownload di bawah ini.


  • Tanggal: 25.10.2020 19:19
  • Lokasi: Acara Online

Maaf, pendaftaran telah berakhir.

Deskripsi

Doa Bersama MKIF, 25 Oktober 2020.pdf

LAGU PEMBUKA. Sdra Hiero

TANDA SALIB DAN SALAM

I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus

U. Amin

I. Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan 

Roh Kudus bersamamu

U. Dan bersama rohmu

SERUAN TOBAT 

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U. Amin

MADAH KEMULIAAN   

S. Kemuliaan kepada Allah di surga 

U. Dan damai di bumi, dan damai di bumi kepada orang yang berkenan pada-Nya.

K. Kami memuji Dikau.

U. Kami meluhurkan Dikau.

K. Kami menyembah Dikau.

U. Kami memuliakan Dikau 

K. Kami bersyukur, kami bersyukur. Kami bersyukur pada-Mu.

U. Karena kemuliaan-Mu, yang besar 

K. Kar'na kemuliaan-Mu yang besar.

U. Ya Tuhan Allah, Raja surgawi, Allah Bapa yang mahakuasa.

K. Ya Tuhan Yesus Kristus, Putra yang tunggal.

U. Ya Tuhan Allah, Anak domba Allah Putra Bapa.

K. Engkau yang menghapus dosa dunia, U. Kasihanilah kami.

K. Engkau yang menghapus dosa dunia, U. Kabulkanlah doa kami

K. Engkau yang duduk di sisi Bapa, U. kasihanilah kami. 

K. Karena hanya Engkaulah Kudus.

U. Hanya Engkaulah Tuhan.

K. Hanya Engkaulah mahatinggi, ya Yesus Kristus, 

U. Bersama Roh Kudus, bersama Roh Kudus dalam kemuliaan Allah Bapa, dalam kemuliaan Allah Bapa. A - min.      

DOA PEMBUKA 

I. Marilah kita berdoa: (hening sejenak)

I. Ya Allah, dalam diri Putra-Mu kami selalu mengalami betapa besar cinta-Mu kepada kami. Kami mohon jiwailah kami dengan roh cinta kasih-Mu agar kami dapat mencintai Engkau dan sesama secara nyata, baik dalam pikiran, perkataan, maupun tindakan kami. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U. Amin

LITURGI SABDA

BACAAN I (Kel 22:21-27)       

„Jika kamu menindas seorang janda atau anak yatim, maka murka-Ku akan bangkit, dan Aku akan membunuh kamu.“           

L. Bacaan dari Kitab Keluaran:                       

Beginilah firman Tuhan, „Janganlah orang asing kautindas atau kautekan, sebab kamu pun pernah menjadi orang asing di tanah Mesir. Seorang janda atau anak yatim janganlah kamu tindas. Jika engkau sampai menindas mereka ini, pasti Aku akan mendengarkan seruan mereka. Jika mereka berseru-seru kepada-Ku dengan nyaring. Maka murka-Ku akan bangkit, dan Aku akan membunuh kamu dengan pedang, sehingga istrimu menjadi janda dan anak-anakmu menjadi yatim. Jika engkau meminjamkan uang kepada salah seorang dari umat-Ku, yakni orang yang miskin di antaramu, janganlah engkau berlaku sebagai seorang penagih utang terhadap dia; dan janganlah kamu bebankan bunga uang kepadanya. Jika engkau sampai mengambil jubah temanmu sebagai gadai, maka haruslah engkau mengembalikannya sebelum matahari terbenam, sebab hanya itu sajalah penutup tubuhnya, hanya itulah pembalut kulitnya; jika tidak, pakai apakah ia pergi tidur? Maka, apabila ia berseru-seru kepada-Ku, Aku akan mendengarkannya sebab Aku ini pengasih.“ 

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 839; Mzm 18:2-3a.3bc-4.47.51ab): Mbak Nieken

 Mazmur:

1. Aku mengasihi Engkau, ya Tuhan, kekuatanku; ya Tuhan, bukit batuku, kubu pertahanan dan penyelamatku.

2. Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku! Terpujilah Tuhan, seruku; maka aku pun selamat dari para musuhku.

3. Tuhan itu hidup! Terpujilah Gunung Batuku, Tuhan mengaruniakan keselamatan yang besar kepada raja yang diangkat-Nya, Ia menunjukkan kasih setia kepada orang yang diurapi-Nya.

BACAAN II  (1Tes 1:5b-10)

„Kamu berbalik dari berhala-berhala kepada Allah untuk mengabdi kepada Allah dan menantikan kedatangan Anak-Nya.“           

L.  Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Tesalonika:                                           

Saudara-saudara, kamu tahu bagaimana kami bekerja di antara kamu demi kepentinganmu. Dan kamu telah menjadi penurut kami dan penurut Tuhan; dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman Tuhan dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus, sehingga kamu telah menjadi teladan untuk semua orang yang percaya di wilayah Makedonia dan Akhaya. Karena dari antara kamu firman Tuhan bergema bukan hanya di Makedonia dan Akhaya. Di mana-mana telah tersiar kabar tentng imanmu kepada Allah, sehingga kami tidak usah berbicara lagi tentang hal itu. Sebab mereka sendiri bercerita tentang kami, bagaimana kami kamu sambut dan bagaimana kamu berbalik dari berhala-berhala kepada Allah untuk mengabdi kepada Allah yang hidup dan benar, serta untuk menantikan kedatangan Anak-Nya dari surga, yang telah dibangkitkan-Nya dari antara orang mati, yaitu Yesus, yang menyelamatkan kita dari murka yang akan datang.               

Demikianlah sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 959; Yoh 14:23)

 Ulangan: Alleluya, alleluya. 

Ayat. Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menaati Sabda-Ku, Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya.

BACAAN INJIL (Mat 22:34-40)           

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I. Ketika orang-orang Farisi mendengar bahwa Yesus telah membungkam orang-orang Saduki, berkumpullah mereka. Seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia, „Guru, hukum manakah yang terbesar dalam hukum Taurat?“ jawab Yesus kepadanya, „Kasihilah Tuhan Allahmu, dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu, dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang utama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

HOMILI

AKU PERCAYA

I+U. Aku percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa,

pencipta langit dan bumi.

Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita.

Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh perawan Maria.

Yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Pontius Pilatus,

disalibkan, wafat dan dimakamkan.

Yang turun ketempat penantian,

pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati.

Yang naik ke surga,

duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa.

Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati.

Aku percaya akan Roh Kudus,

Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus,

pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin.  

DOA UMAT 

I. Marilah kita berdoa kepada Allah yang benar dan hidup, yang telah membangkitkan Yesus, Putra-Nya:  

L.  Bagi Bapa Suci, para uskup dan para imam: Semoga Bapa Suci, para Uskup, dan para imam dengan pewartaan dan teladan hidup mereka, membuat kita peka terhadap kebutuhan nyata pada sesama di sekitar kita. Marilah kita mohon, ….

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.            

L.  Bagi para pejabat pemerintahan: Semoga para pejabat pemerintahan menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat dalam kasih terhadap setiap orang. Marilah kita mohon, ….

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu. 

L. Bagi mereka yang dilupakan dan diabaikan: Semoga mereka yang dilupakan dan diabaikan oleh lingkungannya tidak menjadi korban penindasan, melainkan mendapat nikmat kesejahteraan hidup yang layak. Marilah kita mohon.

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.   

L. Bagi kita di sini: Semoga usaha kita mengamalkan cinta kasih secara nyata dalam lingkungan kita masing-masing dapat terwujud dalam membangun masyarakat. Marilah kita mohon:

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.   

L. Bagi kesejahteraan jiwa bapa Andreas Odja, ya Bapa, Cinta dan kerahiman-Mu begitu besar bagi kami umat-Mu. Ampunilah dosa-dosa hambamu bapak Andreas Odja dan terimalah dia dalam kebahagiaan kekal bersama-Mu di Surga. Marilah kita mohon:

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi Keluarga yang ditinggalkan: Ya Bapa, kuatkanlah keluarga yang ditinggalkan. Semoga berkat dan perlindungan-Mu menyertai mereka dan semoga iman, harapan dan cinta mereka tetap kuat untuk percaya kepada-Mu. Marilah kita mohon:

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

I. Allah Bapa kami bersama, kesejahteraan kami sangat Kau perhatikan. Buatlah kami bersemangat ksatria dan tanpa pamrih, sehingga berani mengabdikan diri sepenuhnya guna membangun dunia baru, di mana tersedia tempat bagi setiap orang. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U. Amin.

DOA MEMOHON PERLINDUNGAN DARI PANDEMI VIRUS CORONA:

I+U. Terpujilah Engkau Bapa Surgawi, Pencipta Alam Semesta Yang Mahakuasa. Engkau menunjuk kami sebagai penguasa atas semua makhluk hidup dan memberikan kami kuasa kepemilikan atas mereka. Namun dalam banyak hal kami mengecewakan-Mu dan karenanya, kami memohon ampun dari-Mu. 


Dalam saat-saat yang mengkhawatirkan ini dengan wabah virus Corona yang mengancam kesehatan dan keberadaan semua orang, kami dengan rendah hati dan penuh keyakinan memohon perlindungan, penyembuhan, dan pemulihan dari-Mu terutama bagi mereka yang telah terkena wabah ini. 


Bapa, jagalah keselamatan para petugas kesehatan, mereka yang menghibur orang sakit, semua personil imigrasi dan semua yang dengan berani bertugas mengamankan negara kita dan dunia dari ancaman virus ini. 


Jadilah kehendak-Mu, ya Bapa, ikatlah wabah ini dan singirkanlah penderitaan ini dari kami. Roh Kudus, ubahlah ketakutan kami menjadi kekuatan, ketangguhan dan ketabahan serta bantulah kami menghasilkan buah-buah iman, harapan, amal dan kasih.


Darah Yesus yang mulia, kuduskanlah dunia dari wabah ini. Hati Kudus Yesus, kasihanilah kami. Bunda Penolong Abadi, awasi kami dan jadilah perantara kami. Santo Benediktus dan Santo Rafael, doakanlah kami. Semua malaikat pelindungan kami terangi dan jagalah kami.  Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami, Amin.

BAPA KAMI

I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa

I+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.   

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala yang jahat dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan sehingga kami dapat hidup dengan tenteram, sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.

U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.  

DOA DAMAI

I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau bersabda kepada para rasul, „Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu.“ Jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.

U. Amin. 

I. Damai Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu.

SAAT HENING

Doa Komuni Batin


Yesus-ku, aku percaya,

Engkau sungguh hadir dalam Sakramen Mahakudus.

Aku mencintai-Mu lebih dari segalanya,

dan aku merindukan kehadiran-Mu dalam jiwaku.

Karena sekarang aku tak dapat menyambut-Mu,

dalam Sakramen Ekaristi,

datanglah sekurang-kurangnya secara rohani ke dalam hatiku.

Engkau sungguh telah datang,

Perkenankanlah aku memeluk-Mu

dan mempersatukan diriku sepenuhnya kepada-Mu,

Jangan biarkan aku terpisah daripada-Mu. Doa ini kami panjatkan kepada-Mu dengan pengantaraan Kristus. Amin.  

DOA SESUDAH KOMUNI 

I. Marilah kita berdoa:

I. Allah Bapa Yang Mahabaik, kami bersyukur karena Engkau telah mengutus Putra-Mu memberi kekuatan baru bagi kami. Kami mohon, dampingilah kami dalam mengahayati iman dan mewujudkan kasih serta dalam perljalanan kami menuju Kerajaan-Mu di surga. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.

U. Amin. 

RITUS PENUTUP

BERKAT

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Semoga Saudara sekalian dilindungi, dibimbing dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa: (+) Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

U. Amin.

PENGUTUSAN

I. Saudara sekalian, Perayaan Ekaristi sudah selesai.

U. Syukur kepada Allah.

I. Marilah pergi! Kita diutus.

U. Amin.

LAGU PENUTUP: Sdra Hiero