Doa Bersama MKIF


Maaf, pendaftaran telah berakhir.

Doa Bersama MKIF dilakukan secara Online setiap Minggu pada pukul 17.00. Kegiatan ini tetap dilakukan setiap Minggu sejauh belum ada perubahan aturan terkait krisis Covid-19.


  • Tanggal: 18.10.2020 05:00
  • Lokasi: Acara Online

Deskripsi

Doa Bersama MKIF, Minggu 18 Oktober 2020.pdf

RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA: Sdra. Hiero. Teks Lagu bisa dilihat pada data pdf di atas. 

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR

SERUAN TOBAT (TUHAN KASIHANILAH KAMI

MADAH KEMULIAAN

K. Kemuliaan kepada Allah di surga.
U. Dan damai di bumi kepada orang yang berkenan pada-Nya.
K. Kami memuji Dikau
U. Kami meluhurkan Dikau
K. Kami menyembah Dikau
U. Kami memuliakan Dikau
K. Kami bersyukur kepada-Mu, kar'na kemuliaan-Mu yang besar.
U. Ya Tuhan Allah, Raja surgawi, Allah Bapa yang mahakuasa
K. Ya Tuhan Yesus Kristus, Putra yang tunggal,
U. Ya Tuhan Allah, Anak domba Allah, Putra Bapa.
K. Engkau yang menghapus dosa dunia
U. Kasihanilah kami
K. Engkau yang menghapus dosa dunia
U. Kabulkanlah doa kami
K. Engkau yang duduk di sisi Bapa,
U. Kasihanilah kami.
K. Kar'na hanya Engkaulah Kudus.
U. Hanya Engkaulah Tuhan
K. Hanya Engkaulah mahatinggi, ya Yesus Kristus
U. Bersama dengan Roh Kudus dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin.

DOA PEMBUKA

I. Marilah kita berdoa:

I Allah Yang Mahapengasih, Engkau satu-satunya Allah kami. Bantulah kami mengabdi-Mu dengan sepenuh jiwa dan raga serta menjadikan hal-hal di dunia ini sebagai sarana bagi kami mengabdi-Mu. Berilah kami kemampuan untuk mampu membedakan mana yang Engkau kehendaki dan mana yang menjadi kehendak kami sendiri. Kuatkanlah kehendak kami, agar kami selalu taat pada rencana dan kehendak-Mu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Yes 45:1.4-6)

„Aku memegang tangan kanan Koresh supaya Aku menundukkan bangsa-bangsa di depannya.“

L. Bacaan dari Kitab Yesaya:

Beginilah firman Tuhan, „Inilah firman-Ku kepada orang yang Kuurapi, kepada Koresh yang tangan kanannya Kupegang untuk menundukkan bangsa-bangsa di depannya dan melucuti raja-raja; untuk membuka pintu-pintu di depannya, supaya pintu-pintu gerbang tidak tinggal tertutup: Demi hamba-Ku Yakub, dan demi Israel pilihan-Ku, maka Aku memanggil engkau dengan namamu, dan menggelari engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku. Akulah Tuhan dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku, supaya dari terbitnya matahari sampai terbenamnya orang tahu bahwa tidak ada yang lain di luar Aku; Akulah Tuhan dan tidak ada yang lain.“

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mbak Niken

Atau:

Ulangan: Pujilah Tuhan, hai umat Allah, pujilah Tuhan, hai umat Allah!

Mazmur:

1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, menyanyilah bagi Tuhan, hai seluruh bumi! Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa kisahkanlah karya-karya-Nya yang ajaib di antara segala suku.

2. Sebab mahabesarlah Tuhan, dan sangat terpuji, Ia lebih dahsyat daripada segala dewata. Sebab segala allah para bangsa adalah hampa, tetapi Tuhan, Dialah yang menjadikan langit.

3. Kepada Tuhan, hai suku-suku bangsa, kepada Tuhan sajalah kemuliaan dan kekuatan! Berikanlah kepada Tuhan kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya.

BACAAN II (1Tes 1:1-5b)

„Kami selalu teringat akan amal imanmu, akan usaha kasihmu dan ketekunan harapanmu.“

L. Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Tesalonika:

Salam dari Paulus, Silwanus, dan Timotius, kepada jemaat orang-orang Tesalonika yang ada dalam Allah Bapa dan dalam Tuhan Yesus Kristus. Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu. Kami selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu semua dan menyebut kamu dalam doa kami. Sebab kami selalu teringat akan amal imanmu, akan usaha kasihmu dan ketekunan harapanmu kepada Tuhan kita Yesus Kristus di hadapan Allah dan Bapa kita. Saudara-saudara yang dikasihi Allah, kami tahu bahwa Allah telah memilih kamu. Sebab Injil yang kami beritakan disampaikan kepada kamu bukan dengan kata-kata saja, melainkan juga dengan kekuatan dalam Roh Kudus dan kepastian yang kokoh.

Demikianlah sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 961; Flp 2:15-16)

Ayat. Hendaklah kamu bersinar di dunia seperti bintang-bintang sambil berpegang pada Sabda kehidupan.

BACAAN INJIL (Mat 22:15-21)

„Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.“

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius

U. Dimuliakanlah Tuhan.

I. Sekali peristiwa orang-orang Farisi berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama orang-orang Herodian bertanya kepada Yesus, „Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan dengan jujur mengajarkan jalan Allah, dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: „Bolehkah membayar pajak kepada kaisar atau tidak?“ Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka. Maka Ia lalu berkata, „Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu!“ Mereka membawa suatu dinar kepada Yesus. Maka Yesus bertanya kepada mereka, „Gambar dan tulisan siapakah ini?“ Jawab mereka, „Gambar dan tulisan kaisar.“ Lalu kata Yesus kepada mereka, „Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.“

Demikianlah Injil Tuhan: Terpujilah Kristus

RENUNGAN

SYAHADAT

Aku percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa, pencipta langit dan bumi; dan akan Yesus Kristus Putera-Nya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria yang menderita sengsara dalam pemerintahan Pontius Pilatus disalibkan, wafat, dan dimakamkan; yang turun ke tempat penantian pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati; yang naik ke surga, duduk disebelah kanan Allah Bapa yang maha kuasa; dari situ Ia akan datang mengadili orang yang hidup dan yang mati. Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan yang kekal. Amin.

DOA UMAT

I. Kristus bersabda, “Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah”. Marilah kita panjatkan doa-doa kepada Allah Mahakasih, tempat setiap doa dikabulkan dan beban hati diringankan.

L. Bagi Gereja. Semoga karya pelayanan dan cinta kasih Gereja bagi masyarakat menjadi tanda cinta kasih Allah kepada manusia. Marilah kita mohon, ….

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi hubungan Gereja dan Negara. Semoga Gereja dan negara dapat bekerja sama dengan baik dalam membangun bangsa. Marilah kita mohon.

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi kaum muda yang menentang masyarakat dan melarikan diri dari mereka. Semoga Allah Bapa mendampingi kaum muda yang tidak puas akan situasi masyarakat dan keluarga, dengan mengutus seorang yang sanggup menenangkan hati yang kesal. Marilah kita mohon:

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi kita bersama. Semoga Allah Bapa memberkati kita agar dapat membawakan sukacita dan harapan dalam hidup bersama. Marilah kita mohon:

U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

Kita berdoa secara khusus bagi Ibu Lies yang merayakan hari ulang tahun kelahirannya dan pemulihan kesehatannya. 

I. Ya Bapa yang kekal, Engkau mengenal kami, cita-cita akan kebaikan, sukacita dan kebahagiaan kami. Kami percaya Engkaulah cahaya dunia, Engkaulah pembawa sukacita ke dunia, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U. Amin.

BAPA KAMI

I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa

I+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala yang jahat dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan sehingga kami dapat hidup dengan tenteram, sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.

U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA MEMOHON PERLINDUNGAN DARI PANDEMI VIRUS CORONA:
I+U. Terpujilah Engkau Bapa Surgawi, Pencipta Alam Semesta Yang Mahakuasa. Engkau menunjuk kami sebagai penguasa atas semua makhluk hidup dan memberikan kami kuasa kepemilikan atas mereka. Namun dalam banyak hal kami mengecewakan-Mu dan karenanya, kami memohon ampun dari-Mu.
Dalam saat-saat yang mengkhawatirkan ini dengan wabah virus Corona yang mengancam kesehatan dan keberadaan semua orang, kami dengan rendah hati dan penuh keyakinan memohon perlindungan, penyembuhan, dan pemulihan dari-Mu terutama bagi mereka yang telah terkena wabah ini.
Bapa, jagalah keselamatan para petugas kesehatan, mereka yang menghibur orang sakit, semua personil imigrasi dan semua yang dengan berani bertugas mengamankan negara kita dan dunia dari ancaman virus ini.
Jadilah kehendak-Mu, ya Bapa, ikatlah wabah ini dan singirkanlah penderitaan ini dari kami. Roh Kudus, ubahlah ketakutan kami menjadi kekuatan, ketangguhan dan ketabahan serta bantulah kami menghasilkan buah-buah iman, harapan, amal dan kasih.
Darah Yesus yang mulia, kuduskanlah dunia dari wabah ini. Hati Kudus Yesus, kasihanilah kami. Bunda Penolong Abadi, awasi kami dan jadilah perantara kami. Santo Benediktus dan Santo Rafael, doakanlah kami. Semua malaikat pelindungan kami terangi dan jagalah kami.  Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami, Amin.

DOA DAMAI

I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau bersabda kepada para rasul, „Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu.“ Jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.

U. Amin.

I. Damai Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu.

SAAT HENING

Doa Komuni Batin
Yesus-ku, aku percaya,
Engkau sungguh hadir dalam Sakramen Mahakudus.

Aku mencintai-Mu lebih dari segalanya,
dan aku merindukan kehadiran-Mu dalam jiwaku.
Karena sekarang aku tak dapat menyambut-Mu,
dalam Sakramen Ekaristi,
datanglah sekurang-kurangnya secara rohani ke dalam hatiku.

Engkau sungguh telah datang,
Perkenankanlah aku memeluk-Mu
dan mempersatukan diriku sepenuhnya kepada-Mu,
Jangan biarkan aku terpisah daripada-Mu. Doa ini kami panjatkan kepada-Mu dengan pengantaraan Kristus. Amin.

DOA SESUDAH KOMUNI

I. Marilah kita berdoa:

I. Allah Bapa Mahamurah, kami bersyukur karena Putra-Mu rela menjadi santapan bagi jiwa kami. Semoga berkat kehadiran-Nya kami sanggup melaksanakan tugas perutusan kami untuk mengabdi Engkau dan Melayani sesama. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.

U. Amin.

RITUS PENUTUP

BERKAT

I. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

I. Semoga Saudara sekalian dilindungi, dibimbing dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa: (+) Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

U. Amin.

PENGUTUSAN

I. Saudara sekalian, Ibadat Sabda kita sudah selesai.

U. Syukur kepada Allah.

I. Marilah pergi! Kita diutus.

U. Amin.

LAGU PENUTUP (PS 677): Sdra. Hiero