NOVENA NATAL 2020


Maaf, pendaftaran telah berakhir.

Novena Natal dipraktekkan dengan pembacaan serangkaian doa selama sembilan hari, di mana Anda dapat menyampaikan permohonan, dan memuji Tuhan. Asal-usulnya berasal dari tahun 1720, menurut apa yang diplot, tahun di mana pertama kali dilakukan di rumah misionaris Pemenang Turin pada waktu Natal. Di antara promotor utama dari serangkaian doa ini adalah Gabriella Marolles delle Lanze, Marquise dari Caluso. Setelah keinsafannya, selama waktunya menghadiri Gereja Konsepsi Rapi, ia mendengarkan Novena ini dan sangat terkesan. Dalam proses kematian ia menetapkan dalam surat keputusannya bahwa serangkaian doa ini dibacakan setiap Natal, sehingga meneruskannya kepada generasi berikutnya. Sampai saat ini, doa novena ini bukanlah doa yang diakui sebagai „resmi“ oleh Gereja, tetapi sangat dipraktikkan selama periode Natal oleh komunitas Kristen. Doa ini didoakan selama sembilan hari berturut-turut dari tanggal 16-24 Desember.


  • Tanggal: 25.12.2020 09:00 - 25.12.2020 03:59
  • Lokasi: Acara Online

Deskripsi

Novena Natal dimulai dengan Tanda Salib:

Atas nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Amin.

Memohon Roh Kudus

Datanglah, Roh Kudus,

kirimkan kepada kami dari surga

seberkas cahaya-Mu.

Datanglah, Bapa bagi orang miskin,

datanglah, pemberi hadiah,

datanglah, terang hati.

Penghibur yang sempurna,

tamu jiwa yang manis, lega termanis.

Dalam kelelahan, istirahat,

di panas, tempat berteduh,

dalam air mata, kenyamanan.

O cahaya yang paling diberkati,

menerangi dalam

hati setia kami.

Tanpa kekuatan-Mu,

tidak ada yang ada pada manusia,

tidak ada yang tanpa kesalahan.

Mencuci apa yang kotor,

membasahi apa yang kering,

menyembuhkan apa yang berdarah.

Melembutkan apa yang kaku,

hangatkan apa yang dingin,

meluruskan apa yang menyesatkan.

Berikan kepada kami yang setia

bahwa kami hanya mempercayai-Mu

hadiah suci-Mu.

Berikan kebajikan dan pahala,

berikan kematian suci,

memberi sukacita abadi. Amin.

Dilanjutkan:

„Hai Anak Yesus, di sinilah aku berada di kakimu. Aku berbalik kepada-Mu yang segalanya. Aku benar-benar butuh bantuan-Mu! Beri aku, ya Yesus, lihat dan kasihanilah dan karena Engkau mahakuasa, bantulah aku dalam kebutuhan saya ini:

Doakan: 1 x Bapa Kami, 1 x Salam Maria dan Kemuliaan kepada Bapa.

„Untuk masa kecil ilahi-Mu, ya Yesus, berilah aku kasih karunia yang langsung aku minta dari-Mu (Ujud Umum: Mohon kedamaian hati seluruh rakyat Indonesia), jika itu sesuai dengan kehendak-Mu. Jangan memperhitungkan kesalahanku, tapi perhatikanlah imanku dan belas kasihan-Mu yang tak terbatas.

Kemudian Anda bisa membacakan teks lagu di bawah ini:

„Yesus, kenangan manis, yang memberikan sukacita hati; tetapi lebih dari madu dan semua hal dan manis kehadirannya. Tidak ada yang dinyanyikan lebih manis, tidak ada yang lebih senang, tidak ada yang dianggap lebih manis daripada Yesus, Putra Allah.

Yesus, harapan bagi mereka yang bertobat, betapa menyedihkan-Mu bagi mereka yang berdoa kepada-Mu, seberapa baik bagi mereka yang mencari-Mu, tetapi apa artinya itu bagi mereka yang menemukan-Mu?

Tidak ada bahasa yang cukup untuk mengatakannya atau ditulis untuk mengekspresikan: mereka yang telah mencoba dapat percaya apa itu untuk mengasihi Yesus. Jadilah, Yesus, sukacita kami, Engkau yang merupakan hadiah masa depan. Semoga kemuliaan-Mu selalu terpancar ke  dalam diri kami selama-lamanya. Amin.

Doa Penutup:

Allah, Engkau satu-satunya Penyelamat kami, Putra-Mu akan datang ke dunia sebagai Juruselamat umat manusia. Dialah Penebus yang akan menghapus dosa-dosa kami. Dia telah diberi nama yang Kudus, Yesus yang kami puji dan muliakan di bumi. Dialah Tuhan dan pengantara kami kini dan sepanjang segala masa. Amin.

Teks diterjemahkan dan diedit oleh Rm. Ino, O.Carm

Sumber: Novena Natale 2020: come pregarla passo per passo - Il Dono dell'Amore