Lagu Lama yang Selalu Didengar Ulang


1 min dibaca

Syair lagu dari musisi legendaris Ebiet G. Ade yang paling menyentuh hati banyak orang tentunya syair lagu "Mari Kita Renungkan". Lagu dari musisi ternama itu selalu menjadi lagu hening di setiap cerita bencana di Tanah Air. Ebiet mungkin orang Indonesia pertama yang memiliki visi tentang hubungan antara manusia, alam, ulahnya dan penderitaan manusia. 

Balada duka karena bencana alam di Indonesia seperti banjir bandang, angin puting beliung, gempa tsunami, tanah longsor, pesawat jatuh, kapal tenggelam hampir selalu menjadi topik berita media di Indonesia setiap tahunnya. Lalu, pada hampir setiap topik itu, lagu Ebiet kembali diperdengarkan. 

Rasa haru, sedih, bergulir silih berganti antara seni, musik dan kesunyian karena duka dan kematian manusia. Kalau merenungkan tentang bencana itu, terasa sekali bahwa negeri ini punya sejuta cerita duka. Beberapa kali dalam TV Jerman ditayangkan suasana banjir dan beberapa bencana lainnya di Indonesia, spontan teman-teman saya bertanya, kenapa begitu?

Mau baca lebih lanjut, silahkan klik di sini: Lagu Lama yang Selalu Didengar Ulang Halaman 1 - Kompasiana.com 

Suara Keheningan | Ino Sigaze

Komentar
* Email tidak akan dipublikasikan di situs web.