Berita Tahbisan Imam Karmel


2 min dibaca

Suara Keheningan | Yancen Wullo

Ordo Karmel Indonesia bergembira atas tahbisan imam baru Pastor Doni Malau O.Carm dan Pastor Sohmon O.Carm. Tepatnya di Paroki Maria Pertolongan Orang Kristen Sidikalang, Keuskupan Agung Medan. Ordo Karmel Komisariat Sumatera teristimewa mencatat hari Selasa, 13 April 2021 sebagai momentum indah. Dua imam baru Ordo Karmel ini berasal dari wilayah Keuskupan Agung Medan dan akan bertugas di wilayah Komisariat Sumatera. Pastor Doni ditempatkan sebagai Vikaris Parokial, Paroki St, Paulus Pasar Merah. Sedangkan Pastor Sohmon sebagai Vikaris Parokial, Paroki Maria Bunda Karmel, Tigalingga.

Di tengah situasi pandemi Covid 19 bisa diadakan dengan penuh hikmat upacara tahbisan ini. Misa tahbisan dipimpin oleh Uskup Pentahbis, Mgr. Kornelius Sipayung, OFM Cap, Uskup Keuskupan Agung Medan. Hadir Romo Provinsial Ordo Karmel Indonesia, Rm. Ignatius Budiono, O.Carm, dan tiga puluhan imam konselebran dengan jumlah umat yang sangat terbatas. Hadir pula tokoh umat, Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Berutu dan sejumlah pejabat pemerintah lainnya. Walaupun dengan protokol kesehatan yang amat ketat, tidak mengurangi hikmatnya perayaan ini. Baik Ekaristi maupun acara resepsi sederhana berjalan dengan lancar, penuh hikmat dan sukacita.

Pastor Doni yang berasal dari Paroki Perdagangan ini, memilih moto tabisan “ Yesus ingatlah akan aku”. Terinspirasi dari injil Lukas 23;42. Sedangkan Pastor Sohmon, asal Paroki Sidikalang memilih moto “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu.” Mengambil inspirasi dari injil Yohanes, 15:16.

Gereja patut bersukacita dan bersyukur atas rahmat imamat. Dunia saat ini amat membutuhkan kehadiran imam-imam untuk melayani. “Kami butuh imam, dan kehadiran imam di saat-saat sulit ini kiranya menjawab harapan kami” Demikian isi pesan menarik dari wakil umat. Dan memang Kristus telah mempercayakan harta yang berharga bagi imam-imamnya. Harta itu adalah “umat” maka sesungguhnya seorang imam dipanggil untuk mengajar, menguduskan dan memimpin umatnya seperti gembala yang baik.

Begitu banyak harapan terbaik dari dunia dan umat bagi imam baru. Sebuah keyakinan bahwa Tuhan yang telah memilih mereka bukan oleh karena kehebatan mereka, melainkan Ia ingin menampakkan wajah dan Kasih-Nya dalam diri mereka sehingga banyak orang melihat dan mengalami kebaikan Allah itu.

Kita bersyukur untuk moment iman penuh rahmat ini sembari kita berdoa bersama St. Theresia dari kanak-kanak Yesus bagi imam-imam kita.

St. Theresia dari Lisieux



"O Yesus imam Abadi, lindungilah para Imam-Mu dalam naungan hati-Mu sehingga tak ada yang dapat membahayakan mereka. 


Jagalah kemurnian tangan-tangan suci mereka yang setiap hari menyentuh Tubuh-Mu yang kudus. Jagalah tak bernoda bibir mereka yang tiap hari bersentuhan dengan Darahmu yang berharga. 


Jagalah hati mereka yang telah dimeteraikan dengan tanda imamat yang luhur supaya tetap murni dan tak bernoda oleh dunia. Semoga kasih-Mu yang suci menaungi dan membentengi mereka dari kecemaran dunia. 


Berkatilah karya mereka dengan buah yang berlimpah dan semoga jiwa-jiwa yang mereka layani menjadi kegembiraan dan penghiburan bagi mereka, baik di dunia maupun di surga. Itulah mahkota mereka yang indah dan kekal. Amin. 


Selamat dan proficiat atas rahmat tabisan imam dan selamat bertugas. Tuhan yang memilihmu. Ia yang menyertai dan menjadi kekuatan hidupmu."


Dewan Redaksi Suara Keheningan mengucapkan selamat dan profisiat kepada Rm. Sohmon, O.Carm dan Rm. Dony,O.Carm

Komentar
* Email tidak akan dipublikasikan di situs web.