3 Cara Praktis Mencapai Target Hidup dan Maknanya


3 min dibaca

Suara Keheningan | Ino Sigaze

Orang yang mencapai target hidup tidak akan pernah melupakan jejak dan serpihan sejarah dari cerita-cerita kecil saat langkah pertamanya diambil setiap hari sejak hari pertama hingga sekarang.

Pergulatan tentang bagaimana mencapai target hidup, rasanya bukan lagi merupakan pengalaman pribadi seseorang saja, tetapi adalah bagian dari pengalaman semua orang. Semua orang entah apapun pekerjaan dan tugasnya, pasti punya target hidup. Ada yang punya target hidup jangka panjang, tetapi ada juga yang punya target hidup jangan menengah dan pendek.

Pertanyaan penting terkait target hidup adalah bagaimana cara orang mencapai target hidup. Meskipun demikian, pertanyaan itu tetap saja masih terlalu umum, karena target hidup itu bisa dikategorikan dalam banyak hal.

Saya punya target hidup, namun anehnya ketika mencapai target hidup yang satu, toh ada lagi target hidup lainnya. Bahkan gara-gara memikirkan target hidup itu, saya pernah tidak mencapai target hidup.Kegagalan mencapai target hidup pasti menimbulkan kekecewaan, tentu hal seperti itu wajar. Akan tetapi, bagaimana caranya agar orang bisa mencapai target hidupnya dengan mudah setiap hari?

Ada 3 cara mencapai target hidup dengan mudah:

1. Menulis target hidup yang sudah diprogramkan untuk hari ini pada cermin di kamar mandi
Pengalaman pribadi membuktikan bahwa lebih mudah fokus pada target hidup yang saat ini ada di depan mata dan jelas. Kejelasan target itu sangat penting untuk menemukan bagaimana cara mencapainya.Bukan soal mudah lho, bahwa ada banyak orang yang tidak bisa menentukan target hidupnya apa setiap hari. Tentu hal ini berawal dari pengalaman pribadi. saya pernah mengalami sehari berlalu tanpa menghasilkan apa-apa.Di penghujung hari, akhirnya tersisa cuma pertanyaan, apa yang saya capai hari ini? Ternyata, tidak ada atau tidak jelas. Mengapa bisa terjadi demikian? Hal itu terjadi karena tidak ada target hidup yang tertulis secara jelas setiap hari.
Pengalaman itu mendatangkan pemahaman bahwa ada kekuatan luar biasa dari target hidup yang tertulis itu sendiri. dan cara pertama yang mengagumkan adalah menuliskan target hidup pada cermin kamar mandi. Sederhana bukan?Siapa sih yang setiap hari tidak pernah semenit pun melihat wajahnya pada cermin di kamar mandi? Jika Anda sering melihat wajah Anda sendiri pada cermin di kamar mandi, maka tuliskanlah pada cermin itu target hidupmu. 

Tulisan tentang target hidup pada cermin bagaikan seorang teman yang selalu mengingatkan Anda, kapan target hidupmu bisa tercapai. Ini cuma pengalaman kecil yang pernah benar-benar menolong.

2. Menulis target hidup pada satu sisi dari komputer kerja
Pengalaman lupa merupakan pengalaman semua orang. Namun bagaimana cara orang berjuang mengatasi lupa pada satu sisi dan mencapai target hidup pada sisi lain, tetap merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Cara sederhana mengatasi lupa mengerjakan tugas-tugas dari universitas adalah dengan menuliskan target hidup sehari-hari itu pada satu sisi dari komputer yang dipakai setiap hari-hari untuk menuliskan tugas-tugas. Ini cuma satu contoh, tentu bisa juga untuk hal lainnya.
Terlihat sederhana, namun cara itu pernah menolong saya menjadi lebih fokus untuk menyelesaikan target hidup saya mulai dari hari ini. Ya, sebuah target hidup tidak bisa dicapai dengan kata "nanti" atau "tunggu dulu," tetapi harus sudah mulai dilakukan sekarang, saat ini.

3. Menuliskan target hidup pada dinding yang berhadapan langsung dengan tempat tidur

Saya pernah mencoba cara ini sebagai pengingat untuk membantu lebih fokus pada prioritas kerja, tanpa mengandalkan diri semata-mata. Terbangun dari tidur tidak hanya duduk sejenak berdoa untuk bersyukur, tetapi juga sekaligus memohon bantuan rahmat serta restu Tuhan untuk target hidupku hari ini.

Sederhana memang sih, namun hal itu pernah saya lakukan dengan keyakinan diri yang kuat, bahwa bersyukur kepada Tuhan atas hari baru adalah hal yang indah. Dan hal yang penting dan berguna adalah memberitahu dan memohon bantuan Tuhan tentang target dan kerinduan pribadi saya setiap hari. Ya, apa yang ingin saya capai, pasti akan tercapai.

Menatap target hidup yang berada terlalu jauh dan bahkan mungkin terlihat seperti cuma bayangan, kadang membuat hidup menjadi lesu dan tidak bisa fokus.Entah kapan dan di mana, saya tidak ingat persis lagi, tetapi bahwa saya pernah sampai pada pikiran seperti ini: Agar lesu berubah jadi sebuah gairah hidup, maka saya perlu punya target hidup yang tertulis.

Ada tiga makna dari cara praktis mencapai target hidup:  

1. Dari cermin orang belajar melihat dan mengevaluasi rencana-rencana hidupnya. Target hidup akan bisa tercapai dengan baik, kalau orang terus-menerus belajar melihat diri dan kekurangannya. Ya, sebuah proses evaluasi.
2. Dari komputer orang belajar tentang bagaimana mencapai target. Target hidup di dunia modern ini tidak bisa dicapai tanpa kemajuan teknologi. Komputer adalah simbol dari kebutuhan manusia akan sarana teknologi yang menolongnya dalam mencapai target.

3. Dari sikap sujud awal di tempat tidur itu orang belajar percaya pada campur tangan Tuhan dalam mencapai target hidup.

Dalam arti ini, target hidup dicapai bukan hanya dengan cara-cara praktis seperti tiga cara di atas, tetapi juga melalui proses-proses penting seperti evaluasi atas rencana dan program pribadi, proses belajar dengan menggunakan media dan sarana teknologi komunikasi dan tentu juga pertama-tama kesadaran akan Tuhan sebagai pencipta yang terus berkreasi dalam diri manusia.

Target hidup itu bukan nanti, tetapi hari ini. Hari ini siapa saja bisa mencapai target hidupnya, sejak sekarang tanpa harus kecewa atau cuma berangan-angan. Jadi, dari pengalaman sebenarnya orang sudah bisa mencapai target hidupnya sejak keberaniannya untuk menaiki tangga pertama pada hari ini dan saat ini.

Pada akhir dari tiga cara dan tiga makna ini, saya berbagi filosofi sederhana ala para peternak ayam dan cara menjadikan ayam itu menjadi jinak dan dekat dengannya. Ayam itu semakin dikejar, maka dia akan lari semakin menjauh. Namun sebaliknya, ketika biji-biji jagung itu dilemparkan satu per satu ke arah ayam itu tanpa mengejarnya, maka lama-lama, ayam itu akan semakin mendekat.

Demikian beberapa catatan tentang tiga cara mencapai target hidup dan 3 maknanya. Ternyata, target hidup sebesar apapun tidak akan pernah bisa dicapai dalam waktu yang singkat atau sekali coba.  

Oleh karena itu, cara yang bijak adalah setahap demi setahap (Schritt fuer Schritt), maka lama-lama akan menjadi semakin dekat dengan puncak dari target hidup. Capailah target hidup yang besar itu sejak hari ini, ya melalui hal kecil dan cara-cara kecil yang dilakukan dengan serius dan dengan cinta yang besar, serta iman yang kuat.Orang yang mencapai target hidup tidak akan pernah melupakan jejak dan serpihan sejarah dari cerita-cerita kecil saat langkah pertamanya diambil setiap hari sejak hari ini. Bahkan semua masa lalu tentang perjuangannya mencapai target hidup adalah mutiara berharga dalam hidupnya.

Salam berbagi, ino, 27.04.2021  

Baca artikel aslinya di sini: 3 Cara Praktis Mencapai Target Hidup dan Maknanya Halaman 1 - Kompasiana.com 

Komentar
* Email tidak akan dipublikasikan di situs web.